Jung Ilhoon eks BTOB Dijatuhi Hukuman 2 Tahun Penjara Karena Kasus Ganja

Jung Ilhoon eks BTOB Dijatuhi Hukuman 2 Tahun Penjara Karena Kasus Ganja

Sidang vonis Jung Il Hoon diadakan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Kamis (10/6/2021). Mantan anggota BTOB itu dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan didenda 133 juta won atau sekitar Rp1,69 miliar (kurs Rp12,78) karena melanggar Undang-Undang tentang Pengendalian Narkotika, dan dia ditahan.

Jung Ilhoon dibawa ke pengadilan karena dicurigai membeli dan merokok 826 gram (sekitar 1,8 pon) ganja dan menggunakan sekitar 130 juta won (sekitar Rp1,60 miliar) di 161 kasus antara 5 Juli 2016 dan 9 Januari 2019 bersama dengan tujuh terdakwa lainnya, demikian seperti dikutip Soompi.

Tergantung pada jumlah kasus mereka merokok ganja, tujuh terdakwa lainnya menerima hukuman bervariasi antara satu tahun dan enam bulan sampai dua tahun atau hukuman percobaan.

Pengadilan menyatakan, “Para terdakwa berkomunikasi melalui web gelap agar kejahatan mereka tidak mudah dideteksi, dan mereka menggunakan metode kriminal yang rumit seperti melakukan transaksi dengan bitcoin cryptocurrency,” demikian seperti dikutip Yonhap News.

Mengenai Jung Ilhoon dan terdakwa lainnya Park, pengadilan mengatakan, “Kedua terdakwa memainkan peran utama dan melakukan tindakan kriminal paling banyak.”

Jung Ilhoon mendaftar sebagai pekerja layanan publik pada Mei 2020 dan mengundurkan diri dari BTOB pada Desember 2020.

Bulan lalu, jaksa menuntut empat tahun penjara dengan denda, dan hukuman dua tahun penjara dengan denda yang dikonfirmasi diumumkan hari ini.

Polisi sendiri mengetahui keterlibatan Ilhoon dalam kasus tersebut lewat pemeriksaan dan kesaksian seorang kaki tangan. Lewat pemeriksaan rekening bank, Ilhoon disebut-sebut telah menggunakan ganja dengan seorang kenalannya beberapa kali pada 5 tahun hingga tahun 2019.

Selain itu, dikatakan bahwa komponen obat terdeteksi melalui tes folikel rambut Ilhoon. Polisi juga dilaporkan mengamankan bukti bahwa Ilhoon membeli ganja menggunakan mata uang cryptocurrency alih-alih uang tunai untuk menghindari polisi.

Sumber foto: via Soompi

Post a Comment