Jung Joon Young-Choi Joong Hoon Divonis Masing-masing 6 & 5 Tahun Penjara

Jung Joon Young-Choi Joong Hoon Divonis Masing-masing 6 & 5 Tahun Penjara

Jung Joon Young dan Choi Jung Hoon telah dijatuhi hukuman penjara masing-masing selama 6 dan 5 tahun penjara atas tuduhan pemerkosaan berkelompok. Sidang vonis tersebut digelar pada hari ini, Jumat (29/11/2019) di Pengadilan Pusat Seoul, 8 bulan sejak keduanya dituntut dan ditahan.

Jung Joon Young dan Choi Jung Hoon dipenjara terkait dugaan melanggar Undang-Undang Khusus terhadap Hukuman Kekerasan Seksual. Jung Joon Young dijatuhi hukuman 6 tahun penjara, sementara Choi Jong Hoon menerima hukuman 5 tahun penjara.

Selain Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon, Tuan Kim, pegawai dari kelab Burning Sun dijatuhi hukuman 5 tahun penjara, Tuan Heo, seorang pegawai dari sebuah perusahaan agensi dijatuhi hukuman 4 tahun penjara, dan pegawai Kwon dari perusahaan hiburan dijatuhi hukuman 8 bulan penjara dengan 2 tahun masa percobaan.

Sementara itu, hakim juri mengungkapkan alasan mereka memberikan hukuman tersebut kepada Jung Joon Young.

“Terdakwa terlibat dalam pemerkosaan berkelompok ketika para korban menunjukkan ketidakmampuan mereka untuk melakukan penolakan. Setelah mengetahui hal ini, para korban terpaksa mengalami kesakitan yang luar biasa. Meski demikian, terdakwa tidak pernah melakukan kejahatan serupa sebelumnya dan mengakui kesalahan-kesalahannya,” ujar hakim, seperti dikutip Osen.

Sementara itu, Choi Jong Hoon dinyatakan bersalah atas pemerkosaan secara berkelompok namun dibebaskan dari tuduhan serangan secara paksa.

Hakim juri menjelaskan, “Terdakwa belum menunjukkan penyesalan atas tindakan seksualnya. Namun, terdakwa tidak memiliki catatan kriminal telah melakukan kejahatan yang sama sebelumnya.”

Baca Juga  Kronologi J.Yoon M.C the MAX Ditemukan Meninggal Dunia di Kediamannya

Selain putusan di atas, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon akan diminta untuk menjalani program rehabilitasi kekerasan seksual selama 80 jam dan dilarang untuk melamar kerja di tempat-tempat kerja yang berkaitan dengan anak-anak dan remaja selama 5 tahun. Namun, pengadilan menolak permintaan pihak jaksa mengenai masa percobaan selama 5 tahun.

Sebelumnya, jaksa telah mengusulkan hukuman 7 dan 5 tahun penjara masing-masing untuk Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon. Selain itu, kejaksaan juga meminta keduanya untuk berpartisipasi dalam program penyembuhan kekerasan seksual, mempublikasikan informasi latar belakang mereka, dan membatasi mereka dari melamar pekerjaan di perusahaan yang terkait dengan anak-anak dan remaja selama 10 tahun.

“Terdakwa tidak hanya melakukan pecelehan seksual berkali-kali namun juga mencemooh korban dan membantah sebagian besar tuduhan. Kami tidak melihat adanya penyesalan, sehingga ada kemungkinan mengulangi kejahatan tersebut,” ujar jaksa penuntut, seperti dikutip JTBC Plus.

Terdakwa yang disebutkan di atas termasuk Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon, dituntut karena diduga membuat mabuk dan memerkosa seorang wanita bersama-sama di Hongcheon, Provinsi Gangwon pada bulan Januari 2016 dan di Daegu pada bulan Maret di tahun yang sama.

Selain itu, mereka menghadapi tuduhan telah menyebarkan video ilegal (molka) sebanyak 11 kali di dalam grup KakaoTalk dan melalui pesan teks pada akhir tahun 2015. Yang mana video tersebut berisikan video adegan seks yang direkam secara diam-diam.

Baca Juga  Lisa BLACKPINK Ditipu Sebesar Rp11,8 Miliar Oleh Mantan Manajernya Sendiri

Sumber foto: Osen

DMCA.com Protection Status