Kang Ji Hwan Divonis 2,5 Tahun Penjara Serta 3 Tahun Masa Percobaan Atas Tuduhan Pemerkosaan

Kang Ji Hwan Divonis 2,5 Tahun Penjara Serta 3 Tahun Masa Percobaan Atas Tuduhan Pemerkosaan

Pengadilan menjatuhkan vonis kepada Kang Ji Hwan berupa 2 tahun 6 bulan penjara serta 3 tahun masa percobaan pada sidang vonis pertama yang dilakukan pada hari ini, Kamis (5/12/2019) atas kasus tuduhan pemerkosaan.

Ini berarti bahwa jika Kang Ji Hwan melakukan pelanggaran selama masa percobaan tiga tahun, ia akan menjalani hukuman penjara dua tahun dan enam bulan.

Pada sidang yang dilaksanakan di Divisi Kriminal nomor 1, Pengadilan Distrik Suwon tersebut, pengadilan juga menetapkan 120 jam kerja sosial dan 40 jam kuliah pemulihan kekerasan seksual. Selain itu, Kang Ji Hwan juga dilarang bekerja di tempat kerja mana pun yang menyediakan layanan untuk anak-anak atau orang disabilitas selama tiga tahun.

“Melihat korban yang tidak dapat langsung merespons dan turun dari tempat tidur setelah kekerasan seksual terjadi, dapat diasumsikan bahwa korban tertidur dalam keadaan mabuk saat itu. Meskipun korban menyatakan tidak ingin menghukum tersangka di persidangan, sulit untuk menyatakan bahwa korban telah sembuh dari trauma secara menyeluruh karena sifat dari kekerasan seksual. Tersangka harus terus menyesali perbuatannya sampai luka korban sembuh,” ujar pihak pengadilan, seperti dikutip JTBC Plus.

Pengadilan menambahkan, “Saya harap beberapa pengakuan yang diungkapkan dalam persidangan ini tulus. Jangan lupa bahwa manusia tercipta karena adanya perempuan. Saya harap ia berusaha untuk hidup lebih baik lagi ke depannya.”

Baca Juga  Daftar Lengkap Pemenang V LIVE HEARTBEAT Awards dari BTS, BLACKPINK, sampai Afgan

Pada bulan Juli 2019, Kang Ji Hwan ditangkap di rumahnya di Gwangju, atas tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap 2 orang staf perempuan.

 Kemudian Kang Ji Hwan mengakui perbuatannya dalam penyelidikan selanjutnya. Namun,  Kang Ji Hwan terus memperdebatkan bagian-bagian bukti dalam sidang ketiga untuk kasus ini.

Selama persidangan terakhir, jaksa menyarankan hukuman penjara tiga tahun bersama dengan rekomendasi bahwa Kang Ji Hwan harus menyelesaikan program perawatan pemerkosaan, dan terdaftar dalam pelanggar seks, dan dilarang dari pekerjaan tertentu selama lima tahun.

Sementara itu, pengacara Kang Ji Hwan meminta keringanan hukuman, karena adanya pengakuan bersalah dan penyesalan dari aktor tersebut.

Kang Ji Hwan juga meneteskan air mata selama argumen penutupnya, dengan menyatakan, “Sebenarnya saya merasa menderita dan kesulitan hingga ingin mengakhiri hidup saya karena telah melukai banyak orang atas kesalahan besar di satu waktu.”

Aktor tersebut melanjutkan,  “Saya benci sekali dengan diri saya yang tidak bisa berdalih, saya tidak bisa memaafkan diri saya. Maaf. Saya menyesal dan terus menyesal,” demikian seperti dikutip Soompi.

Sementara itu, setelah sidang vonis selesai dilakukan, Kang Ji Hwan akan segera dibebaskan dari pusat penahanan di mana tempat ia ditahan sebelumnya.

Baca Juga  Kim Hyun Joong Selamatkan Nyawa Orang Lain dengan Pertolongan Pertama
DMCA.com Protection Status