Yang Hyun Suk Didakwa Atas Kasus Ancaman Terhadap Saksi & Update Kasus Narkoba B.I

Yang Hyun Suk Didakwa Atas Kasus Ancaman Terhadap Saksi & Update Kasus Narkoba B.I

Terungkap pada Senin (7/6/2021) bahwa departemen kejahatan kekerasan dari Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul pada 28 Mei 2021 telah mendakwa Yang Hyun Suk atas tuduhan mengancam saksi yang memberikan informasi tentang kasus narkoba B.I.

Pada hari yang sama, B.I eks iKON juga didakwa atas tuduhan melanggar Undang-Undang tentang Pengendalian Narkotika. Keduanya didakwa tanpa penahanan, demikian seperti dikutip Soompi.

B.I diduga membeli ganja dan LSD (lysergic acid diethylamide) dari seorang kenalannya (selanjutnya disebut “A”) pada tahun 2016 dan menggunakannya, dan B.I pun mengakui beberapa kecurigaan tersebut. Pada Februari 2020, B.I dilaporkan negatif dalam tes narkoba.

Kemudian, Yang Hyun Suk dicurigai membujuk dan mengancam “A” pada tahun 2016 untuk membalikkan pernyataan mereka tentang B.I yang membeli dan menggunakan obat-obatan terlarang dan berusaha menutupi penyelidikan.

“A”kemudian  mengubah kesaksiannya, dan B.I awalnya dibebaskan dari tuduhannya pada saat itu.

Setelah itu, “A” mengklaim bahwa penyelidikan terhadap B.I ditutup-tutupi karena hubungan antara polisi dan YG Entertainment.

“A” juga menyatakan bahwa polisi tidak menyelidiki B.I bahkan setelah melihat bukti terkait narkoba dan mengklaim bahwa Yang Hyun Suk berada di balik penyembunyian itu.

“A” melaporkan kasus tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi dan Hak Sipil pada Juni 2019, dan Komisi mentransfer data tersebut ke kejaksaan.

Badan Kepolisian Provinsi Gyeonggi Nambu kemudian meneruskan kasus B.I dan Yang Hyun Suk ke Kantor Kejaksaan Distrik Suwon tahun lalu pada bulan April dengan rekomendasi untuk dakwaan.

Kasus-kasus tersebut kemudian dipindahkan ke Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul, di mana mereka menyelidiki kasus-kasus tersebut selama kurang lebih satu tahun.

Menurut laporan, Yang Hyun Suk membantah keras tuduhan tersebut, tetapi jaksa telah memutuskan untuk menegakkan tuduhan tersebut setelah menanyai “A” dan Yang Hyun Suk.

Sidang pertama Yang Hyun Suk akan berlangsung pada 25 Juni, dan sidang B.I akan diadakan pada 9 Juli 2021 mendatang.

“A” sendiri ditangkap di rumahnya di Seoul atas dugaan melanggar hukum tentang manajemen stimulan. Kantor Polisi Yongin Timur, Gyeonggi menyita ponsel “A” di rumahnya dan memperoleh barang bukti berupa percakapan dengan B.I di KakaoTalk.

Pada 22 Agustus 2016, “A” menjalani interogasi tahap 1 di Kantor Polisi Yongin. Dalam penyelidikan, “A” mengaku isi pesan tersebut memang benar. “A” mengatakan, ia telah memindahkan 10 strip LSD ke sebuah tempat tertentu atas permintaan B.I.

Sumber foto: via Soompi

Post a Comment